Kalbar Tantang Papua di Final Pertiwi Cup 2017

Tim Kalimantan Barat (Kalbar) akan menantang juara bertahan Papua pada laga final Women Football Road To Asian Games Piala Pertiwi 2017. Kalbar sampai partai puncak setelah mengalahkan Jawa Barat dengan skor 2-1 pada laga semifinal, di Stadion  Bumi Sriwijaya, Palembang, Senin (11/12).

Sementara Papua sampai partai final dengan mengandaskan perlawanan Bangka Belitung lewat drama adu penalti dengan skor 6-5, setelah bermain imbang 3-3 sampai babak perpanjangan waktu selesai. Babak final akan bermain di stadion tersebut pada hari Rabu (13/12).

Kemenangan Kalbar ditentukan gol-gol yang dicetak oleh Hesti Wulantari di menit ke-35, dan Syenida Meryfanda pada masa perpanjangan waktu menit ke-118.

Bagi Kalbar torehan ini diluar dugaan mereka. Apalagi sejak mengalahkan tuan rumah Sumsel di babak delapan besar. Lalu sekarang menumbangkan Jawa Barat di semi final.  Ini menjadi sejarah bagi Kalbar karena untuk pertama kalinya di ajang ini lolos hingga ke babak final.

"Bersyukur kami mampu lolos ke babak final untuk pertama kalinya. Ini sangat membanggakan dan menjadi hal yang luar biasa bagi Kalimantan Barat. Permainan kedua tim tadi sama-sama menarik, namun kita lebih beruntung," kata pelatih Kalbar, Sofie Imam Faizal usai laga.

"Pada laga final nanti kami akan melawan Papua, kami harus waspada dan fokus agar kami menjadi juara. Yang jelas hari ini kita apresiasi kepada pemain yang bermain luar biasa, kerja keras dan disiplin," tambah pelatih yang berlisensi B AFC ini.

Sementara itu, pelatih Papua, Semuel Welya mengatakan dirinya sempat khawatir saat tim lawan mampu menyamakan kedudukan. Ia menyoroti kelengahan pemainnya saat timnya unggul.

"Kami bersyukur mampu lolos ke final meski harus lewat drama adu penalti. Kita hari ini banyak peluang yang harusnya menjadi gol, namun itu tidak terjadi. Pemain telah berjuang maksimal," kata Semuel.

"Bangka Belitung memberikan perlawanan yang luar biasa. Untung kami punya mental juara jadi bisa menang di adu penalti. Kekurangan pemain segera akan kami perbaiki agar di final kami bermain lebih baik lagi. Kami ingin menjadi juara lagi di Pertiwi Cup pada tahun ini," jelasnya.

Piala Pertiwi merupakan turnamen sepak bola wanita tertinggi di Indonesia ini sekaligus menjadi ajang tes event persiapan Indonesia menuju Asian Games 2018 dimana Palembang menjadi salah kota tuan rumah. PSSI pun menjadikan event ini sebagai ajang seleksi untuk pemain Timnas Wanita Indonesia.

Pada tahun ini, format menggunakan sistem setengah kompetisi dimana 12 tim dibagi dalam dibagi dalam empat grup. Nantinya setiap juara dan runner up grup akan mewakili grup masing-masing di ajang delapan besar. Lalu pemenang babak delapan besar lolos ke semi final. Dan dua tim pemenang semi final akan lolos ke babak final.

Lanjutan Jadwal Women’s Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017


13 Desember: Babak Final

Perebutan Posisi Tiga, pukul 15.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya

Final, pukul 08.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya