D.I Yogyakarta Peringkat 3 Pertamina Piala Soeratin U-15

Tuan rumah DI Yogyakarta akhirnya memastikan peringkat ketiga pada kompetisi sepak bola U-15 Pertamina Piala Soeratin 2017. Dalam perebutan posisi ketiga itu, DIY menang 2-1 atas Banten pada laga yang digelar di  Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Jumat (27/10) petang.
 
VP Corporate Communication PT Pertamina ( Persero) Adiatma Sardjito mengucapkan selamat kepada tim PSS Sleman yang menduduki posisi 3 Piala Pertamina Soeratin U-17 serta tim D.I Yogyakarta untuk kategori U-15.
 
"Saya rasa perjuangan  untuk menduduki peringkat ke 3 sangat maksimal.  Pertamina Piala Soeratin 2017 kami lihat bisa menjadi sarana untuk mengukur seberapa besar kekuatan tim dari masing-masing daerah sekaligus menjadi pembelajaran untuk memperbaiki di masa depan,” ujarnya.
 
Dengan hasil ini D.I Yogyakarta menyusul seniornya  PSS Sleman  U-17 yang juga menggenggam peringkat ketiga kategori U-17. 
 
Laga ini dimulai dengan tempo sedang karena kedua tim tampak saling menjaga ritme masing-masing, akibatnya pertarungan sengit terjadi di lapangan tengah. Namun bukannya tanpa ancaman, kedua tim andalkan tendangan jarak jauh namun sedikit yang mengancam gawang lawannya.
 
Baru di pertengahan babak pertama permainan mulai terbuka, dimulai dari tendangan bebas di menit ke 32, pemain D.I Yogyakarta bernomor punggung 6 Bagus Khairil Anwar mampu selesaikan bola muntah dari kiper Banten Drinanda Ario Hanggadanu yang tak sempurna tepis bola. D.I Yogyakarta memimpin 1-0.
 
Namun tak perlu menunggu lama, pada menit 35 Banten mampu samakan kedudukan lewat serangan balik cepat yang diselesaikan secara dingin oleh Ehsal Sahrul Muharom di pojok kiri gawang D.I Yogyakarta. Dengan gol penyeimbang ini, kedua tim bermain lebih trengginas, jual beli serangan terlihat lebih intensif. Namun kedua tim juga tak mampu maksimalkan berbagai peluang, bahkan D.I Yogyakarta sempat mendapatkan tendangan penalti setelah penyerangnya Ardhiansyah Pramesthu, namun eksekusinya dapat digagalkan kipe Drinanda, skor sama imbang 1-1 bertahan hingga akhir babak kedua.
 
Di babak kedua pertandingan makin menarik, kedua tim bergantian mengancam gawang lawannya. Terhitung 4 tendangan yang mengarah gawang, namun kesigapan kiper masing-masing gagalkan perubahan angka di papan skor.
 
Petaka bagi Banten akhirnya tiba, di menit ke-90 kemelut di depan gawang Banten hasil sepak pojok diselesaikan dengan cantik oleh Dwi Pilihanto Nugroho. Ia akhirnya menjadi pahlawan kemenangan tim D.I Yogyakarta dengan hasil akhir 2-1 setelah Banten tak mampu samakan kedudukan dalam 5 menit tambahan waktu.
 
Yang menarik, pertandingan ini dipimpinan perangkat pertandingan yang keseluruhannya perempuan. Mereka adalah Wiwin Yuningsih, wasit asal Sumedang, duo asisten wasit Azizah Alfionita asal Payakumbuh dan Mitra Coriena Sjumanja asal Langkat, wasit cadangan Deliana Fatmawati asal bandung, dan pengawas pertandingan Marti Sugiyani asal Temanggung. Pada Pertamina Piala Soeratin 2017 total 7 srikandi yang mengawal turnamen paling prestisius di Indonesia ini.