Hari Ini Puncak Rangkaian Pertamina Piala Soeratin 2017

Ajang Pertamina Piala Soeratin U-15 dan U-17 musim 2017  memasuki puncaknya Sabtu (28/10) sore ini, yang momentumnya bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda. Talenta-talenta muda yang telah ditempa sejak dari tingkat provinsi ini akan berjuang menjadi yang terbaik dan melanjutkan tradisi juara pada ajang Piala Soeratin yang telah dipertandingkan sejak tahun 1965.
 
Putaran nasional yang dimulai sejak 14 Oktober lalu, melibatkan sebanyak 62 tim terbaik dari 34 provinsi se-Indonesia. Peserta ini bersaing di Yogyakarta dan Magelang untuk menentukan tim terbaik dalam gelaran sepakbola usia muda paling prestisius ini.  Dari total hampir 2000 pemain yang terlibat, 15 hari pertandingan, dan 10.980 menit bermain, melahirkan dua finalis U-17 dan dua finalis U-15  Pertamina Piala Soeratin.
 
Di U-15, tim asal Sumatera Utara dan Jawa Barat  akan bersaing memperebutkan gengsi untuk menjadi yang terbaik di kategori yang baru perdana dipertandingkan tahun ini. Sementara di kelompok usia dibawah 17 tahun pertemukan wakil Banten Persita Tangerang melawan tim penuh kejutan asal Kalimantan Timur, Penajam Utama.
 
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan turnamen yang didukung penuh Pertamina ini, diharapkan akan menjadi ajang bagi para talenta-talenta muda untuk menunjukkan kemampuannya dan menarik perhatian khalayak dengan permainan sepakbola yang menarik dan fairplay untuk meraih prestasi terbaik.
 
"Sesuai dengan maskot Pertamina Piala Soeratin tahun ini yakni  burung branjangan yang dikenal dengan  kicauan lantang dan menarik perhatian, tentunya turnamen sepakbola yang digelar Pertamina dan PSSI ini bisa memberikan perhatian khusus bagi semua pihak, bahwa upaya mengasah dan regenerasi talenta muda sepakbola masih terus berjalan di tanah air," jelas Adiatma.
 
Sejumlah inovasi juga telah dilakukan oleh PSSI dan Pertamina (Persero) dalam gelaran ini, mulai dari pendaftaran daring (online registration) bagi para peserta, penggunaan perangkat wasit dan pengawas pertandingan perempuan, sampai yang paling baru ialah penambahan kategori U-15 yang artinya akan menambah panggung bagi putra-putra terbaik masing-masing daerah.
 
“Waktunya sepakbola Indonesia untuk berpartisipasi memajukan kecerdasan bangsa, dan bersama Pertamina (Persero) kita kawal terus sepakbola kita mulai dari usia dini,” ucap Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria.
 
Selain gelaran sepak bola, Puncak Final Pertamina Piala Soeratin diikuti dengan rangkaian acara di hari yang sama di pelataran luar Stadion Maguwoharjo Sleman, bertajuk Soeratin Youth Festival. 
 
Diisi talkshow topik sepakbola usia dini dan perempuan,  menghadirkan narasumber pelatih Tim Nasional Luis Milla dan Fakhri Husaini. Ada pula pelatihan sepakbola grassroot oleh Direktur Teknik PSSI Danurwindo dan para pelatih lainnya, serta beragam aktivitas lomba seperti  komentator sepakbola, festival jajanan dan  galeri pernak-pernik untuk pendukung tim nasional.
 
Berikut jadwal partai puncak Pertamina Piala Soeratin 2017:
 
Final U-15
Sumatera Utara vs Jawa Barat
Sabtu, 28 Oktober 2017 pukul 15.00
Stadion Maguwoharjo, Sleman.
 
Final U-17
Persita Tangerang vs Penajam Utama
Sabtu, 28 Oktober 2017 pukul 18.30
Stadion Maguwoharjo, Sleman.