Perebutan Juara Tiga Pertamina Piala Soeratin U-15 2017

Babak semifinal U-15 gelaran usia muda paling prestisius di Indonesia, Pertamina Piala Soeratin baru saja dituntaskan Kamis (26/10) kemarin di Stadion Sultan Agung Bantul. Dimana drama dan air mata tersaji di kedua laga semifinal tersebut. Tuan rumah D.I Yogyakarta ditaklukkan Sumatera Utara 3-1, sedangkan secara mengejutkan tim kuat Banten dikalahkan saudara tuanya Jawa Barat dengan skor 4-0.
 
Itu berarti perebutan juara 3 mempertemukan D.I Yogyakarta yang akan bentrok dengan Banten, duel keduanya akan tersaji di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada pukul 15.00 yang disiarkan langsung oleh iNews.
 
D.I Yogyakarta yang ingin memberikan kado manis bagi masyarakat sebagai tuan rumah, terpaksa harus bertekuk lutut dari Sumatera Utara dengan skor akhir 3-1. Namun pelatih D.I Yogyakarta Bena Seto Windryanto dalam konferensi pers seusai pertandingan mengakui para pemainnya kalah di banyak hal dari Sumatera Utara. “Bisa saya katakana level permainan kita satu atau dua tingkat dari Sumut, baik secara teknik ataupun individual. Namun saya mengapresiasi penampilan dan daya juang pemain saya. Selamat untuk Sumatera Utara.”
 
Namun ia tak ingin terlarut dalam kesedihan, dan berharap dapat menempati juara ketiga dalam kategori U-15 yang perdana digelar di Pertamina Piala Soeratin ini.
 
“Kita harus tatap pertandingan ke depan, bagaimanapun juga kita tetap mengejar peringkat ketiga sebagai pengobat luka. Saya ingin anak-anak kembali fokus melawan Banten.”
 
Senada, Sadam Bani Sumantri, kapten tim yang sekaligus kiper D.I Yogyakarta juga berhasrat finis dengan hasil manis. “Kita sudah tersingkir di semifinal, namun masih ada satu pertandingan lagi untuk rebut juara 3. Jadi saya dan teman-teman harus dapatkan itu dengan seluruh kemampuan kami.”
 
Namun sang lawan, Banten yang juga kalah dari Jawa Barat tak ingin pulang dengan tangan hampa. Mengusung misi kebangkitan, manager Banten Sarwanto ungkapkan ambisi mengalahkan tuan rumah di hadapan pendukungnya sendiri.
 
“Dalam pertandingan lawan Jawa Barat kami akui mereka bermain lebih baik, dan 3 pemain utama kami juga cedera yang secara langsung mereduksi kekuatan kami. Tapi kami harap ketiga pemain ini bisa dimainkan melawan tuan rumah, dan ambisi kami sekarang adalah kalahkan tuan rumah dan kembali ke Banten dengan status juara 3. Namun kita tetap waspadai karena semua tim semifinalis tentu sudah teruji kekuatannya, termasuk Yogyakarta. Itu saja,” bebernya.
 
Di lain sisi, perebutan juara 1 dan 2 akan digelar esok harinya tanggal 28 Oktober, bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Tentu hal ini memiliki makna tersendiri dimana para pemuda yang berjuang di Pertamina Piala Soeratin tahun ini diharapkan menjadi pemuda yang menjadi pilar perjuangan kebangkitan sepakbola Indonesia, layaknya semangat para pemuda yang mencetuskan sumpah pemuda 1928 silam.
 
Berikut jadwal final dan perebutan juara 3 Pertamina Piala Soeratin 2017
 
Perebutan juara ketiga U-15:
D.I Yogyakarta vs Banten
Jumat, 27 Oktober 2017 pukul 15.00
Stadion Maguwoharjo, Sleman
Live iNews TV
 
Final U-15:
Sumatera Utara vs Jawa Barat
Sabtu, 28 Oktober 2017 pukul 15.00
Stadion Maguwoharjo, Sleman
Live iNews TV
 
Final U-17:
Persita Tangerang vs Penajam Utama
Sabtu, 28 Oktober 2017 pukul 18.30
Stadion Maguwoharjo, Sleman
Live iNews TV