PSSI Kedepankan Kualitas Kompetisi Pertamina Piala Soeratin

Nilai-nilai kejujuran dan sportivitas menjadi landasan utama PSSI dalam menggelar kompetisi Pertamina Piala Soeratin tahun 2017. Hal ini penting untuk membangun serta menjaga kualitas dan integritas kompetisi yang melibatkan pemain-pemain usia muda 15 dan 17 tahun.
 
Salah satu cara untuk menjaga nilai-nilai kejujuaran dan sportivitas itu adalah penegakan aturan kompetisi. Hal ini pun dibuktikan dengan ketegasan Panitia Disiplin yang memutuskan untuk menghukum diskualifikasi untuk tim U17 Persiter Ternate yang terbukti memainkan pemain yang tidak sah dalam pertandingan semifinal Pertamina Piala Soeratin melawan Persita Tangerang, Rabu (25/10) sore.
 
“Kami ingin membangun kompetisi yang mengedepankan respect, disipline dan fair play. Langkah ini harus dimulai dari kompetisi yang melibatkan pemain usia muda. Inilah kesempatan bagi kita untuk membangun karakter pemain. Dan inilah yang disebut langkah revolusi mental yang selama ini digaungkan Presiden Joko Widodo,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.
 
Ditambahkan, pasca sanksi banned (pelarangan tampil di event Internasional) dari FIFA, PSSI ingin berbenah dan bertekad menjadi organisasi sepak bola tertinggi di Indonesia yang menjunjung tinggi Fair Play. Berbagai terobosan sedang dan sudah diupayakan. 
 
Untuk kompetisi Pertamina Piala Soeratin, misalnya, untuk meminimalisir kecurangan pemeriksaan data peserta dilakukan secara ketat. Inovasi pun dilakukan dengan registrasi daring (online registration) dengan sinkronisasi nomor induk siswa nasional.  Bukan hanya para peserta, perangkat pertandingan pun mendapatkan perlakuan sama.
 
Upaya PSSI ini tentu membutuhkan dukungan banyak pihak, termasuk klub. “Kami juga ingin memastikan bahwa babak Final Pertamina Piala Soeratin  yang akan berlangsung Sabtu, 28 Oktober mendatang adalah pertemuan dari dua tim dengan kualitas terbaik yang  mengedepankan Fair Play,” kata Tisha.
 
Dengan hukuman diskualifikasi Persiter Ternate, maka partai final U-17 akan mempertemukan tim Persita Tangerang asal Banten dengan tim Penajam Utama asal Kalimantan Timur. Pertandingan ini akan digelar pada pukul 18.30 dan disiarkan langsung di stasiun televisi iNews. Sebelum Final U-17 didahului dengan laga Final usia di bawah 15 tahun yang pertemukan Sumatera Utara melawan Jawa Barat pada pukul 15.00 di tempat yang sama, Stadion Maguwoharjo, Sleman, D.I Yogyakarta.