Perempat Final Pertamina Piala Soeratin U-17 Berikan Kejutan

Babak perempat final Pertamina Piala Soeratin U-17 telah tuntas digelar pada Senin (23/10) sore tadi, dan dari 4 laga tersaji drama dan kejutan seperti awal gelaran ini dilaksanakan. Salah satu drama yang hadir ialah Persiku Kudus yang akhirnya harus menghentikan langkahnya PS Penajam Utama setelah kalah dengan hasil mengejutkan 4-0. 

Persiku Kudus yang digadang-gadang menjadi calon kuat juara dalam gelaran Pertamina Piala Soeratin ini melaju mulus di babak grup hinggal babak 16 besar, namun pada perempat final Persiku harus terjegal melawan tim asal Kalimantan Timur ini dengan skor telak. 

Sementara tim kuat PSS Sleman, Persita Tangerang dan Persiter Ternate masih melaju ke semifinal setelah kalahkan lawan-lawannya. Nama terakhir melaju dengan bersusah payah menaklukkan Tiga Naga dengan gol telat di babak tambahan dengan hasil akhir 3-2 setelah dalam waktu normal sama kuat 2-2. 

Rahmat M Rifai, pelatih dari Persiter Ternate mengucapkan syukurnya bisa mengatasi lawannya Tiga Naga meski dengan skor tipis tersebut. “Saya bersyukur Alhamdulillah bisa menang dengan Tiga Naga. Itu semua berkat semangat, kerja keras dan motivasi anak-anak yang ingin menang. Gol di babak tambahan waktu oleh pemain kami yang baru masuk bertanding itu sangat bagus. Sayangnya, dia harus terkena akumulasi kartu karena selebrasinya. Mungkin karena terlalu semangatnya dia, jadi lupa segalanya,” ujar dia. 

“Melawan Persita mungkin akan menjadi lawan terkuat kami, mereka bisa menang meyakinkan melawan PS. Badung dengan skor 3-0. Itu mungkin motivasi bagus bagi mereka. Namun saya dan tim tidak berkecil hati. Kami akan terus bermain dengan permainan kami dan dengan semangat kami yang udah ada dari sejak mengikuti Piala Soeratin ini,” tambahnya. 

Persita Tangerang juga menang meyakinkan melawan tim asal Bali, PS. Badung dengan skor 3-0 di Stadion Moch. Subroto. Sementara PSS Sleman yang di hadapan publik sendiri ditantang oleh tim yang mentereng sejak awal gelaran, Persid Jember. Bahkan laga PSS Sleman melawan Persid Jember dijuluki ‘final dini’ melihat hasil positif yang ditorehkan kedua tim sejak awal gelaran. 

Persid Jember yang pada babak 16 besar membantai OKU Timur 7-0 datang dengan optimisme tinggi, terbukti tim jawara Jawa Timur ini tampil habis-habisan untuk mengejar gol sejak awal laga, pasalnya PSS Sleman miliki catatan kemasukan hanya sekali. Namun pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo ini membuktikan kedigdayaan tim Elja Muda setelah trigol PSS Sleman hanya dibalas sebiji gol oleh Persid Jember. 

Pada pertandingan ini tercatat pemain Persid Jember Reyler Watumiawar mendapat kartu kuning kedua di menit ke-58 pada kondisi masih sama kuat 1-1 akibat tingginya tensi pertandingan. Keluarnya Reyler membuat kekuatan timpang yang berakibat terciptanya gol kedua dan ketiga PSS Sleman. 

Gol PSS Sleman tercatat oleh nama Satrio Wahyu Anggana (37’), Dominico Savio Sheva (60'), dan Devin Perdana Putra (62’) hanya bisa ditipiskan Persid Jember lewat Richard Arberd Anderson. 

''Persid memang lawan yang berat karena saya sudah mencermati sebelumnya. Namun anak-anak sudah saya beri gambaran cara mematahkan serangan mereka dan berhasil,'' ujar pelatih PSS Sleman Lafran Pribadi. 

Berikut hasil lengkap perempat final Pertamina Piala Soeratin U-17:

  1. Penajam Utama 4 – 0 Persiku Kudus, di Stadion Sultan Agung Bantul
  2. PSS Sleman 3 – 1 Persid Jember, di Stadion Maguwoharjo Sleman
  3. PS Badung 0 – 3 Persita Tangerang, di Stadion Moch. Subroto, Magelang
  4. Tiga Naga 2 – 3 Persiter Ternate, di Stadion Gemilang, Kab. Magelang

Selanjutnya berikut jadwal semifinal Pertamina Piala Soeratin U-17 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Rabu 25 Oktober 2017 :

  1. 15.00 Persita Tangerang vs Persiter Ternate
  2. 18.30 PSS Sleman vs Penajam Utama