Pertamina Piala Soeratin 2017 Berlangsung dengan Sukses

Rangkaian panjang kompetisi sepak bola usia muda Pertamina Piala Soeratin tahun 2017 telah selesai dan ditutup dengan sukses. Jawa Barat muncul sebagai juara di usia dibawah 15 tahun yang baru dikompetisikan mulai tahun ini. Sementara di kelompok U-17 tim Penajam Utama asal Kalimantan Timur tampil sebagai yang terbaik.
 
Kedua tim juara ini menjadi pemuncak untuk pertama kalinya dalam gelaran usia muda paling bergengsi di Indonesia ini. Jawa Barat berhasil taklukkan lawannya Sumatera Utara dengan skor 4-1, sedangkan Penajam Utama berhasil menggulung tim kuat Persita Tangerang dengan hasil akhir 3-1. Bahkan Penajam Utama memborong gelar pribadi setelah Muhammad Rafly dinobatkan menjadi pencetak gol terbanyak sekaligus menjadi pemain terbaik dalam kategori U-17.
 
VP Corporate Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengucapkan selamat bagi para juara. “Kami ucapkan selamat, semoga  dengan hadirnya juara-juara baru di Pertamina Piala Soeratin 2017 dapat memberikan hawa segar bagi dunia persepakbolaan nasional bahwa pembibitan sepakbola di daerah masih berjalan dan makin merata di berbagai daerah. Dan tidak lagi didominasi kota-kota besar, terbukti Penajam Paser Utara dari Kalimantan Timur juga menyimpan potensi.”
 
Senada, Wakil Ketua PSSI Joko Driyono pun mengungkapkan kehadiran tim-tim baru yang muncul memberi perspektif lebih luas di persepakbolaan Indonesia. “Kami yakin tiap-tiap daerah memiliki spirit yang sama dalam memajukan sepakbola nasional dengan hadirnya Penajam Utama dari pulau Kalimantan. Maka mari dengan momentum Pertamina Piala Soeratin kita tetap menjaga spirit ini,” ucapnya.
 
Dalam laga puncak Pertamina Piala Soeratin kategori usia dibawah 15 tahun, Jawa Barat secara meyakinkan keluar sebagai juara setelah mengatasi perlawanan Sumatera Utara dengan skor 4-1 dalam laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (28/10) pukul 15.00 WIB. Kategori U-15 ini sendiri baru pertama kali digelar dalam pesta sepakbola paling bergengsi di Indonesia ini. Bertepatan juga dengan hari Sumpah Pemuda, semangat para talenta-talenta muda yang bertanding juga terasa makin membara.
 
Pertandingan final seperti dibuat mudah oleh oleh Jawa Barat. Namun bukan berarti Sumatera Utara tanpa perlawanan, semangat juang dengan spirit di hari Sumpah Pemuda benar-benar ditunjukkan oleh kedua tim yang bertanding. Dan babak pertama langsung terjadi hujan gol setelah 4-1 untuk keunggulan Jawa Barat tercatat di papan skor. Yadi Mulyadi, pemain andalan dari Jawa Barat mencetak trigol di menit 7, 18 dan 27 sementara itu satu gol lagi disumbangkan oleh Ravil Shandyka Putra pada menit ke 14. Sedangkan Sumatera Utara hanya mampu memembalas satu gol lewat sontekan Iryanto Wandik.
 
Dengan hasil ini, pelatih kepala Jawa Barat Asep Suherman mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait yang sudah mendukung timnya dari awal hingga akhir mereka menjadi juara.
 
“Pertama-tama kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pengurus PSSI Askot Bandung dan Asprov PSSI Jawa Barat atas dukungannya kepada kami menghantarkan tim ini ke turnamen Pertamina Piala Soeratin U-15 2017 hingga kami datang tidak sia-sia dengan bisa merebut juara di gelaran perdana untuk kelompok usia ini, terakhir kepada PSSI pusat dan Pertamina yang telah memberikan wadah kepada anak-anak muda ini untuk merasakan kompetisi,” buka Asep Suherman usai laga.
 
“Kedua tentu saya tidak lupa untuk mengapresiasi para pemain saya karena tanpa tanpa usaha mereka yang tidak kenal, tidak mungkin kami bisa keluar sebagai juara di turnamen ini,” sambungnya.
 
Pelatih ini juga mengungkapkan kunci suksesnya sehingga bisa keluar sebagai juara. “Kunci kemenangan kami adalah kesabaran dalam bermain sehingga kami bisa mencuri gol dan memenangkan pertandingan. Kami bermain cepat dari awal wasit meniupkan pluit. Terbukti kami bisa mencetak gol lebih dahulu,” tutur Asep.
 
Sementara itu, Sumatera Utara yang digdaya pada babak-babak sebelumnya turnamen justru tampil antitesis. “Saya menilai pertandingan tadi kuncinya terletak di tim mana yang lebih siap. Selebihnya tidak ada masalah. Kami hanya telat panas. Ini menjadi pelajaran berharga untuk kami,” tukas pelatih kepala Sumatera Utara, Safei Pilly.
 
“Selamat kepada Jawa Barat yang telah keluar sebagai Juara untuk pertama kalinya di Pertamina Piala Soeratin U-15 2017. Kalian pantas mendapatkannya.” Tutup pelatih yang juga memegang lisensi Instruktur AFC .
 
Daftar Susunan Pemain:
 
Sumatera Utara: Raja Khatulistiwa Margolang; Arif Kurniawan, Muhammad Fajar Fathur Rachman Ahmad, Pandu Air Martiana; Bayu Zaenal, Amiruddin Bagas, Amiruddin Bagus, David Maulana; Iryanto Wandik, Muhammad Talaohu, Muhammad Thoriq Hernando.
 
Cadangan: Raul Iqbal Rakatya, Haryanda Fidi, Mohammad Fattah, Andi Surya Pratama, Febrian Swandana, Fikri Firmansyah, Yhosua Kharisma Sinambela
 
Pelatih: Safei Pilly
 
Jawa Barat: Ahludz Dzikri Fikri; Rahmat Hidayat, Febriansyah, Galuh Arya Nata; Januar Arif Mulyadi, Kaka Dwi Guna, Moch. Rizky Subagja, Andri Febriansyah; Ravil Shandyka Putra, Taufan Muhammad Ivan, Yadi Mulyadi.
 
Cadangan: Rio Oliver Khan Saputra, Rizza Fadillah Haerudin, Aditya Dwi Rahman Virgianto, Dicky Wahyudi, Faza Mujahid Adlha, Sukra Yatul Fajra, Zidane Pramudya Afandi
 
Pelatih:  Asep Suherman
 
Beralih ke kategori U-17 dimana Penajam Utama menjadi jawara, melawan Persita Tangerang yang memiliki skuad menterang tak menjadikan Penajam Utama inferior. Bahkan baru saja laga dimulai, Penajam Utama langsung menyentak dengan gol cepat Gugun Syaiful Rahman di menit pertama. Tim asal Kalimantan Timur inipun unggul 1-0 atas laskar La Viola.
 
Unggul sebiji gol, Penajam Utama tetap tak kendurkan serangan. Bahkan di menit ke 6 sang penyerang Muhammad Ramli gandakan keunggulan tim yang dapatkan julukan pembunuh raksasa dalam turnamen tertua untuk usia muda ini. Tersentak, Persita baru bisa keluar dari tekanan setelah gol kedua Penajam Utama, dan pertandingan tampak berimbang hingga turun minum. Namun tak ada torehan gol tambahan, 2-0 bagi keunggulan Penajam Utama.
 
Pasca istirahat, babak kedua Persita merombak strategi bermainnya, manjur, Penajam Utama gentian menjadi tim yang didominasi. Pelatih Persita Tangerang Wawan Hermawan lebih mengedepankan serangan dari sayap, pertahanan Penajam Utama semakin terpapar. Puncaknya Persita mendapatkan tendangan bebas dari jarak yang menjanjikan, dan tak disia-siakan oleh Andi Irawan yang menipiskan ketertinggalan 1-2 dengan tendangan bola mati cantiknya yang tak dapat dijangkau kiper Penajam Utama Samir Fadlansa. Persita seperti mendapat nyawa kedua.
 
Penajam bereaksi dengan mengganti 2 pemain, namun Persita masih mengurung lawannya. Akhirnya petaka tiba, Persita yang keasyikan menyerang malah tertinggal lebih jauh. Penajam Utama menebalkan keunggulan lewat serangan balik cepat poros duo pemain pengganti Arya Putra Lawolo yang memberi operan cantik yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Belvyanus pada menit ke-82.
 
Persita sempat menipiskan ketertinggalan setelah kiper Penajam Utama Samir Fadlansa melakukan blunder setelah salah mengantisipasi bola umpan silang tim asal Banten ini di menit ke 93. Namun hasil 3-2 untuk kemenangan Penajam Utama bertahan sampai akhir laga.
 
Dengan ini Penajam Utama menorehkan namanya di daftar juara Pertamina Piala Soeratin untuk pertama kalinya. Bahkan Penajam Utama menjadi tim pertama asal Kalimantan yang bisa menjuarai pesta sepakbola usia muda yang dimulai sejak 1965 ini.
 
Daftar susunan pemain:
 
Persita Tangerang: Tubagus Satya Haprabu; Adiashar Rama Maulana, Andri Yulianto (c), Rivaldo Agung Dwianto, Taufan Fandi Saputra; Andi Irawan, Diky Riansyah, Muhamad Epul Paisal, Muhammad Qidir Risandi; Fergie Dimas Azzuri, Muhamad Bagoes Salam.
 
Cadangan: Ahmad Rizal Ardiansyah, Ferdy Mahindra Azhary, Rizky Romadhona, Dimas Yuanito, M. Duta Atapelwa, Arief Aldi Firmansyah, Vicky Surahman Kusuma.
Pelatih:  Wawan Hermawan, S.Pd
 
Penajam Utama: Samir Fadliansa; Imanuel Weni, Muhammad Dahlan (c), Muhammad Mifathul Ikhsan, Risal; Ananda Ray Jayadi, Ervan Pahul, Fikri Syaifatullah, Gugun Syaiful Rahman; Muhammad Irsham, Muhammad Ramli.
 
Cadangan: Andriyan, Ahmad Hamzah, Ahmad Rafi Basori, Arya Putra Lawolo, Muhammad Faisal, Muhammad Taufany Muslihudin, Belvianus.
Pelatih: Subianto
 
Berikut hasil lengkap Pertamina Piala Soeratin 2017:
 
Kategori U-15: 
  • Juara 1 Jawa Barat
  • Peringkat 2 Sumatera Utara
  • Peringkat 3 D.I Yogyakarta
  • Pemain Terbaik Muhammad Talaohu (Sumatera Utara)
  • Pencetak Gol Terbanyak Amiruddin Bagus Kahfi (Sumatera Utara)
Kategori U-17: 
  • Juara 1 Penajam Utama (Kalimantan Timur)
  • Peringkat 2 Persita Tangerang (Banten)
  • Peringkat 3 PSS Sleman (D.I Yogyakarta)
  • Pemain Terbaik Muhammad Ramli (Penajam Utama-Kalimantan Timur)
  • Pencetak Gol Terbanyak Muhammad Ramli (Penajam Utama-Kalimantan Timur)