Asa Ezra Walian Untuk Tim Nasional

Posted Jumat, 11 Aug 17 00:00 , by :
Striker naturalisasi Timnas Indonesia U-22 asal Belanda, Ezra Harm Ruud Walian telah bergabung dan menjalani latihan bersama Timnas U-22 untuk persiapan SEA Games yang berlangsung pada 15-29 Agustus 2017 mendatang di Malaysia.
 
Sosok Ezra Walian bukanlah pemain yang sembarangan, pemain kelahiran  22 Oktober 1997 ini memulai karier di akademi Ajax Amsterdam atau tepatnya di Ajax U-18. Bersama Ajax U-18, Ezra sukses membukukan 20 penampilan dan mampu mencetak enam gol serta satu assist pada kompetisi Eredivisie U-19. 
 
Pada kategori umur berikutnya yakni U-19, Ezra yang tampil bersama Ajax U-19 di dua ajang berbeda yakni Eredivisie U-19 dan Netherlands Cup U-19, dirinya mampu mengemas 13 gol dan lima assists dari 31 pertandingan. Dan pada kategori umur ini, Ezra juga pernah merasakan tampil di ajang antar klub Eropa yakni UEFA Youth League.
 
Ezra mengatakan bahwa dirinya sangat senang meski baru saja kemarin baru datang ke Indonesia usai menjalani trial di klub Liga Inggris, West Ham United. Ia pun sangat menikmati latihan perdananya dirinya bersama Timnas U-22. 
 
"Sangat enjoy latihan bersama Timnas Indonesia. Sebelumnya saya sudah bersama mereka saat latihan di Bali dan laga ujicoba melawan Myanmar. Yang penting saya sudah mengenal tim ini dan tim pun sudah mengenal permainan saya," kata Ezra. 
 
Ezra juga membeberkan bahwa chemistry dirinya dengan rekan-rekan yang lain juga sudah berjalan baik kami sejauh ini. Ia pun siap memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. 
 
"Pertandingan pertama kita akan melawan Thailand, mereka tim yang bagus. Tetapi kami juga memiliki tim yang baik juga, dalam sepak bola semua mungkin terjadi. Indonesia dan thailand tim yang kuat, kita sama-sama ingin meraih sukses, jadi menurut saya ini akan menjadi pertandingan yang menarik," tambahnya. 
 
Ezra juga satu talenta Jong Ajax yang kerap mendapat sorotan. Terlebih karena ia juga merupakan pemain timnas junior Belanda. Tercatat selain pernah membela Oranje di level U-17, Ezra juga pernah membela Belanda U-15, U-16, dan U-18. Wajah blasteran Ezra Walian didapat dari sang ayah yang bernama Glenn Walian, yang berasal dari Manado, Indonesia, sedangkan ibu kandung Ezra Walian bernama Linda Bos merupakan warga asli Belanda. 
 
Ezra secara resmi menjadi WNI pada 18 Mei 2017, saat itu ia diambil sumpah di Kantor Kemenkunham,  Jakarta. Dan debut dia bersama Timnas Indonesia dilakukan saat ujicoba internasional dengan Myanmar pada 21 Maret 2017
 
"Kami yakin Timnas U-22 akan menjadi juara di SEA Games. Semua bisa terjadi di sepak bola. jika kami bermain dengan baik, dan bekerja keras untuk meraih sukses, tentu kita bisa menjadi juara. Saat ini saya hanya fokus di Timnas dan SEA Games," urainya. 
 
Berikut ini adalah biodata lengkap Ezra Walian : 
 
Nama lengkap : Ezra Harm Ruud Walian 
Nama populer : Ezra Walian 
Tempat lahir : Amsterdam, Belanda 
Tanggal lahir : 22 OKtober 1997 
Tinggi badan : 183 cm 
Posisi bermain : Striker (penyerang) 
 
Karier Ezra Walian di dunia sepak bola : 
2005 - 2009 : HFC Haarlem 
2009 - 2012 : AZ Alkmaar 
2012 - 2017 : Ajax Amsterdam 

2017 - sekarang : Timnas Indonesia