Tanggapan Ketum PSSI Soal Naturalisasi Ezra Walian

Posted Kamis, 29 Dec 16 00:00 , by :

Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi didampingi Sekjen PSSI, Ade Wellington menyempatkan diri untuk menonton langsung permainan Ezra Walian dalam laga eksebisi di Stadion Atang Sutrisna, Komplek Kopassus, Cijantung, Kamis (29/12) sore. 

Ezra merupakan pemain berdarah Indonesia dan Belanda. Ayahnya, yakni Glen Walian, asli dari Manado dan ibunya, Linda Bos, warga negara Belanda. Saat ini, Ezra yang berusia 19 tahun membela tim muda Ajax Amsterdam atau Jong Ajax. 

"Belum ada pembicaraan naturalisasi, masih tahap scouting untuk persiapan Asian Games 2018. Hari ini PSSI hanya mengadakan kegiatan bermain bola hanya untuk mencari bibit pemain," kata Edy Rahmayadi, Kamis (29/12). 

"Kita masih terus melihat dan kita terus scouting pemain-pemain cocok dengan gaya permainan Indonesia dan budaya disini, termasuk Ezra tentunya Yang jelas kita akan main Sea Games pada bulan Agustus, kami akan mencari pemain terbaik dari Sabang hingga Merauke untuk bisa memperkuat Timnas U-22," tambahnya. 

Awalnya Ezra datang ke Indonesia untuk liburan di kampung halamannya Manado. Namun tadi ia datang ke Jakarta atas undangan PSSI yang ingin melihat penampilannya. Ia sempat bermain sebagai penyerang selama 45 menit di laga eksebisi tersebut.

Sementara itu, Ezra mengatakan belum tahu kapan bakal menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) atau dinaturalisasi karena dirinya kini berstatus warga negara Belanda.

"Saya memang belum berbicara apa-apa tentang menjadi WNI saat ini. Pihak PSSI yang menanyakan dan ingin melihat saya. Jadi sampai saat ini belum ada proses apa-apa," kata Ezra.

"Dari kecil saya cinta Indonesia, saya mengikuti perkembangan Timnas Indonesia saat Piala AFF 2016 kemarin. Saya berharap dan selalu siap untuk menjadi pemain Timnas Indonesia," tambahnya.