Indonesia Runner-Up AFF Suzuki Cup 2016

Posted Sabtu, 17 Dec 16 00:00 , by :

Tim Nasional Indonesia melangsungkan pertandingan pertemuan kedua di final AFF Suzuki Cup 2016 melawan Thailand di stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12). Laga pertama Boas, dkk berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1, namun tidak pada laga kedua. Di laga ini, justru Indonesia kalah 2-0 dari tuan rumah.

Berbekal keunggulan 2-1 di stadion Pakansari, Indonesia gagal membawa pulang trofi AFF Suzuki Cup. Dua gol kemenangan Thailand dicetak oleh Siroch Chattong pada menit ke 37 dan 46.

Bukan tanpa perlawanan, hanya saja Indonesia bermain kurang tenang dan justru malah Thailand yang terus menggempur pertahanan Indonesia. Sisi kanan Indonesia berhasil dieksploitasi habis-habisan oleh Therasil Dangda, dkk. Benny Wahyudi dan Zulham Zamrun tidak berhasil menahan gempuran dari sisi tersebut.

Kans Indonesia untuk mencetak gol saat Zulham melakukan tembakan spekulasi, tapi bola masih melenceng jauh dari sasaran pada menit ke 25.

Gol pertama dari Siroch Chattong adalah karena gagalnya Fachruddin membuang bola hasil umpan lambung Theerathon, bola malah mengenai badan dari Chattong dan membuat gawang Indonesia yang dijaga oleh Kurnia Meiga bergetar lebih dahulu.

Gol kedua Chattong tercipta setelah mendapatkan umpan dari sisi kiri, tendangannya ke tiang jauh tidak bisa dijangkau oleh Meiga.

2-0 untuk Thailand bertahan hingga satu kejadian saat wasit memberikan penalti, sehingga ada kemungkinan tim Gajah Putih menambah golnya. Sayang sekali, Meiga tampil brilian setelah berhasil menepis sepakan Dangda.

Setelah itu tidak ada lagi peluang berbahaya tercipta, sehingga hasil 2-0 dan total agregat 3-2 dimenangkan oleh Thailand, Indonesia harus puas menjadi Runner-Up dalam kejuaraan AFF Suzuki Cup tahun ini.

Berikut ini Susunan Pemain Kedua Tim:

Thailand: Kawin Thamsatchanan, Therathon Bunmathan, Prathum Chutong, Adison Promrak, Tristan Do, Sarach Yooyen, Charyl Chappuis (Pokkhao Anan 83'), Tanaboon Kesarat, Chanatip Songkrasin, Siroch Chattong (Sarawut Masuk 90'), Teerasil Dangda.

Pelatih: Kiatisuk Senamuang
 

Indonesia: Kurnia Meiga Hermansyah; Beny Wahyudi (Dedi Kusnandar 45'), Abduh Lestaluhu, Fachruddin Ariyanto, Hansamu Yama Pranata, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Rizky Pora (Ferdinand Sinaga 73), Zulham Zamrun (Lerby Eliandri 64'), Boaz Solossa.

Pelatih: Alfred Riedl