Hansamu Yama Lanjutkan Tren Positif

Tim nasional (timnas) Indonesia mengawali langkah di ajang Aceh World Solidarity - Tsunami Cup 2017 dengan hasil positif. Kemenangan telak 4-0 atas Brunei Darussalam (02/12/2017) menempatkan Tim Garuda memimpin klasemen sementara. Meski mendapat 3 poin, posisi Fachruddin Ariyanto dan kawan-kawan hanya unggul selisih gol dengan Kyrgyzstan, yang mencatat kemenangan 3-0 atas Mongolia.

Indonesia menghadapi Brunei Darussalam di bawah guyuran hujan yang cukup deras. Meski demikian, tim asuhan Luis Milla ini tetap mampu bermain taktis dan efektif dalam membangun serangan. Hal ini didukung oleh kondisi lapangan yang tetap layak untuk permainan operan pendek, meski permukaan tanah becek.

Tim Garuda membuka keunggulan melalui sontekan Hansamu Yama di depan gawang Brunei Darussalam, setelah memanfaatkan kemelut hasil dari sepakan bola mati di menit ke-17. Selang delapan menit, giliran Septian David Maulana yang menggandakan keunggulan Indonesia melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti.

Dua gol tambahan Indonesia diciptakan oleh Fachruddin dan Yabes Roni di babak kedua.

Ada hal menarik dari pencetak gol perdana, Hansamu Yama. Bek yang bermain untuk Barito Putera ini selalu mampu membawa Indonesia memenangi pertandingan, tiap kali ia mencetak gol. Tren ini bermula sejak pemain asal Mojokerto ini membela timnas U-19.

Gol debut Hansamu untuk Indonesia dicetak saat timnas U-19 menjamu Yaman U-19 di Stadion Maguwoharjo, Sleman (23/05/2014). Pada akhir laga tersebut, Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri menang 3-0. Gol kedua muncul setahun berselang, tepatnya pada 27 Maret 2015, kala Indonesia U-23 menjamu Timor Leste U-23 pada ajang Kualifikasi Piala AFC U-23 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Gol Hansamu menjadi gol penutup laga yang berkesudahan 5-0 untuk kemenangan Indonesia U-23.

Hansamu menambah koleksi golnya untuk timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2016, kali ini di level senior. Ia mencetak masing-masing satu gol di babak semifinal menghadapi Vietnam, dan di babak final melawan Thailand, yang keduanya dilangsungkan di Stadion Pakansari, Cibinong. Gol-gol tersebut membawa Indonesia asuhan Alfred Riedl memenangkan laga dengan skor identik, 2-1.

Gol Hansamu Yama untuk timnas Indonesia, sejak 2014

Akankah tren ini terus berlanjut sepanjang karir Hansamu mengenakan seragam dengan lambang Garuda di dada?