Fakhri Husaini: Anak-Anak Semakin Siap Hadapi Permainan Timor Leste

Pelatih kepala tim nasional Indonesia U-16 telah mendapatkan gambaran mengenai calon lawan kedua mereka, Timor Leste. Hal itu didapat setelah dirinya bersama tim melihat langsung pertandingan antara Timor Leste melawan Laos, Sabtu (16/9) di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand.

Dalam pertandingan itu, Timor Leste keluar sebagai pemenang dengan membungkam Laos 5-2. Lima gol Timor dilesakkan oleh Mouzinho de Lima pada menit 3 melalui penalti dan dua gol Luis Figo da Conceicao pada menit 16 dan 42. Timor Leste membuat gol keempatnya melalui kaki Paulo Domingos Freitas, menit 60. Elias Joao Mesquita menambah keunggulan Timor Leste.

Sedangkan gol Laos dilesakkan oleh Sisouphonh Ackhavong, saat injury time babak pertama dan Anousone Xaypanya menit 82.

Timnas U-16 saat ditemui, sedang menjalani latihan sore pemulihan stamina dari pemain di lapangan yang berlokasi tidak jauh dari hotel Chaophya Park, Bangkok, tempat mereka menginap.

“Sore hari ini kami hanya latihan ringan pemulihan fisik pemain di lapangan belakang hotel,” buka Fakhri usai latihan sore, Minggu (17/9). “Anak-anak semakin kompak, semangat dan termotivasi ingin memenangkan setiap pertandingan, mereka semakin siap untuk menghadapi permainan Timor Leste,” tambahnya lebih lanjut.

Saat ditanya mengenai persiapan melawan Timor Leste besok, pelatih yang gemar menggunakan topi itu mengatakan timnya sudah siap.

“Saya menilai, Timor Leste memiliki cara bermain yang memanfaatkan serangan balik. Dari segi permainan, mereka sudah banyak berkembang dari saat piala AFF bulan Juli kemarin di Chonburi,” kata Fakhri.

Ditambah, dirinya bertemu langsung dengan pelatih Timor Leste di lorong pemain stadion kemarin. “Saya bertemu langsung dengan pelatih mereka dan sempat bicara sedikit. Mereka mengungkapkan bahwa ada banyak pemain baru hasil evaluasi yang juga mereka lakukan seperti kami usai hasil kurang baik di AFF. Itu yang akan kami antisipasi untuk pertandingan nanti,” ungkapnya.

Secara jelas dan tegas, Fakhri mengatakan tidak akan mengubah gaya permainan timnya nanti. “Tidak. Saya tidak akan mengubah gaya permainan kami setelah kemenangan perdana kemarin. Hanya mungkin saja ada sedikit penyesuaian pemain yang akan bermain. Karena melihat dari beberapa faktor, kesiapan pemain, fisik, dll. Apabila sudah begitu, rotasi pemain akan saya berlakukan,” tegasnya.

“Yang jelas,kami sudah tahu apa yang harus kami lakukan,” tutup Fakhri.

Laga melawan Timor Leste akan berlangsung hari Senin (18/9) pukul 16.00 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. Baik Indonesia dan Timor Leste masing-masing sudah mengemas tiga poin dan mencetak banyak gol di turnamen ini.