Fakhri Husaini Targetkan Timnas U-16 Uji Coba Internasional

Dalam persiapan tim nasional U-16 menuju putaran final Piala Asia U-16 di Malaysia, pelatih kepala Fakhri Husaini mulai menyusun rencana pemusatan latihan, ditambah dengan beberapa kali uji coba Internasional dengan syarat dan kualifikasi yang diharapkannya. 

“Saya dan tim butuh uji coba menghadapi negara yang punya karakter sama dengan 15 negara peserta lainnya di Piala Asia nanti. Terlebih, untuk negara dari Timur Tengah, Asia Timur, dan negara pecahan Rusia yang belum pernah sama sekali kami temui,” ujarnya. 

“Kalau untuk berapa kali uji cobanya, tergantung nanti kita sesuaikan dengan pola latihan. Sekarang saya sedang berdiskusi dengan federasi (untuk ujicoba),” tambahnya. 

Fakhri Husaini pun mengindikasikan agar tim nasional yang ia miliki akan tetap memberlakukan promosi-degradasi bagi para pemainnya sebelum putaran final piala AFC U-16 tahun depan. Ia juga mengambil kesempatan dengan mencari pemain muda berbakat di ajang Pertamina Soeratin Cup U-15 2017. 

Eks punggawa tim nasional era 90an ini akan mulai untuk mencari pemain-pemain yang berpotensi di ajang tersebut minggu ini. “Saya akan berangkat tanggal 20 siang menuju Yogyakarta untuk mencari beberapa pemain pelapis U-16 di posisi bertahan, sayap dan depan,” ungkapnya. 

Di Pertamina Piala Soeratin ini sendiri melibatkan hampir 2000 pemain usia muda, dimana klub-klub daerah yang hadir adalah jawara dari masing-masing provinsi. Dan tiap provinsi mengirimkan 2 perwakilan, masing-masing untuk kelompok U-17 dan U-15. 

“Saya yakin masih banyak pemain-pemain bertalenta yang mungkin saja terlewatkan oleh saya dan memberikan kesempatan lagi yang sudah pernah seleksi sebelumnya,” tutup Fakhri.