Mengenal Sosok Pencetak Lima Gol Ke Gawang Kepulauan Mariana Utara

Satu pemain menjadi sorotan saat laga timnas Indonesia U-16 menghancurkan melawannya Kepulauan Mariana Utara dengan skor 18-0. Pemain tersebut bernama Sutan Diego Armando Ondriano Zico yang mencetak lima gol pada laga yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (16/9) pukul 19.00 waktu setempat.

Pemain yang bersangkutan merupakan pemain baru yang dipanggil oleh pelatih kepala timnas U-16, Fakhri Husaini dari SSB Bina Taruna, Jakarta untuk bergabung di pemusatan latihan kedua setelah Garuda Asia mengalami hasil kurang memuaskan di piala AFF U-15 bulan Juli yang lalu. Pemain yang mengambil potongan dua nama dari dua legenda pesepakbola dunia asal Brasil (Zico) dan Argentina (Diego Armando) itu mendapatkan pujian dari Fakhri.

“Lima gol dari Zico membuatnya memperlihatkan diri bahwa dia layak dimainkan, kemampuannya dan penempatan dirinya tepat tidak diragukan lagi,” puji Fakhri. “Ini masih pertandingan pertama dan perdana buat kami. Saya masih ingin melihat dia bisa terus berkembang di setiap pertandingan,” sambungnya.

Sudah menunjukkan kemampuannya dalam mencetak gol di turnamen resmi perdananya sekaligus terlibat dalam membela tim nasional Indonesia. Zico mengatakan bangga bisa mencetak gol.

“Saya senang pelatih percaya untuk memainkan saya di babak kedua. Tentunya saya balas kepercayaan pelatih dengan gol. Saya terima kasih kepada pelatih. Meski menang, saya tetap menaruh respek kepada lawan kami kemarin. Seperti yang pelatih bilang ke saya dan kami semua sebagai pemain di tim ini,” kata Zico.

Zico juga mengingat apa kata-kata pelatihnya usai pertandingan melawan Kepulauan Mariana Utara.

Coach Fakhri mengatakan jangan terlalu berlebihan menyambut kemenangan ini, tetap harus elegan dalam merayakan kemenangan. Pelatih juga mengatakan bahwa kami semua sudah harus melupakan pertandingan kemarin lawan Kepulauan Mariana Utara. Saatnya menatap pertandingan kedepan melawan Timor Leste,” tuturnya.

Dirinya juga menceritakan pengalaman-pengalaman berkesannya selama bermain sepak bola. “Saya senang bahwa sepak bola bisa membawa saya jalan-jalan keluar negeri. Bertemu banyak teman-teman baru, mendapatkan ilmu lebih dari mereka. Saya juga sempat sebelumnya berkenalan dengan dua kembar di timnas U-16 Bagas dan Bagus. Serta Brylian Aldama saat di akademi Chelsea,” ungkap Zico.

Zico mengaku bahagia saat pertama kali menjadi kapten tim di ajang Gothia Cup kategori U-15. “Ya, saat itu saya merasa sangat bangga, namun tetap deg-degan. Karena kapten mempunyai tanggung jawab besar untuk rekan-rekan,” katanya.

Pertandingan kedua nanti, Indonesia akan melawan Timor Leste pada hari Senin (18/9) pukul 16.00 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand. Timor Leste di pertandingan sebelumnya menang atas Laos dengan skor 5-2.

“Semoga saya bisa memberikan yang lebih lagi bagi Indonesia di timnas U-16 ini. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia agar saya dan teman-teman bisa memenangi setiap pertandingan di AFC ini,” tutupnya.

 

Profil Singkat Pemain

Nama: Sutan Diego Armando Ondriano Zico

Tempat tanggal lahir: Jakarta, 7 April 2002

Asal Akademi Saat Ini: Sekolah Sepak Bola Bina Taruna, Jakarta

Pemain Idola: Robert Lewandowski

Nomor Punggung: 9

Karir bermain:

- 2014, Piala Danone di Brasil

- 2014, Chelsea Soccer School Singapura

- 2017, FC Bayern Youth Cup di Jerman

- 2017, Gothia Cup 2017 bersama klub LKG-SGF Indonesia

- 2017, Chelsea Soccer School Indonesia

- 2017, Tim Nasional Indonesia U-16 (Kualifikasi Piala AFC U-16 2017)