Indonesia Dapat Modal Penting Lawan Korea Selatan

Tim Nasional Indonesia U-19 mendapat modal penting untuk melawan tuan rumah Korea Selatan pada babak penyisihan Kualifikasi Piala Asia Grup F. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan kembali bermain apik dan memperlihatkan semangat juang yang tinggi saat menekuk Timor Leste dengan angka telak 5-0 di Paju Public Stadium, Korea Selatan, Kamis (2/11).
 
Kemenangan telak 5-0 ini identik dengan hasil sebelumnya saat melawan Brunei Darussalam. Cara bermain tim Garuda Nusantara pun layak diacungin jempol karena mereka meladeni perlawanan musuh dengan sabar. Tim polesan pelatih Indra Sjafri ini juga cukup cermat untuk membongkar pertahanan rapat lawannya.
 
Pada laga melawan Timor Leste, timnas Indonesia sempat dibuat frustrasi di babak pertama. Timor Leste membuat pertahanan ketat dengan menumpuk sebagian besar pemainnya di area kotak penalti. Babak pertama berakhir 0-0. Di babak kedua, masuknya Egy dan Sadil Ramdhani mengubah cara bermain timnas Indonesia. Lima gol berhasil dilesakkan. Kelima gol tersebut dicetak melalui hattrick Egy Maulana pada menit ke-84, ke-87, dan ke-90+1, Saddil Ramdhani mneit ke-51 dan Hanis Saghara di menit ke-60.  
 
Torehan positif ini pun membuat Timnas U-19 berada di puncak klasemen Grup F dengan torehan enam poin dari dua kali bertanding. Selanjutnya di tempat yang sama pada Sabtu (4/11), Indonesia akan menantang tuan rumah Korea Selatan sekaligus menjadi big match di Grup F ini. 
 
Indra Sjafri mengatakan, di babak pertama anak asuhnya belum bisa cetak gol karena Timor Leste memeragakan cara permain yang sama dengan Brunei yakni melakukan pertahanan secara total dan rapat. 
 
"Baru di babak kedua kita bisa bongkar pertahanan mereka memanfaatkan kelonggaran bermain mereka dan kita maksimalkan pergantian. Modal dua kemenangan ini saya meminta pemain tetap fokus dan tidak berpuas diri," kata Indra usai laga. 
 
"Dengan dua laga ini kita punya gambaran siapa pemain yang nanti yang akan lawan Korea. Saya juga melihat langsung permainan tim Korea setelah laga ini, terus besok kita persiapan latihan untuk melawan mereka. Yang jelas sekali lagi saya katakan bahwa kami masih ada kekurangan, namun kami akan evaluasi untuk membenahi kekurangan yang ada. 
 
Sementara itu, gelandang Timnas U-19, Saddil Ramdhani bersyukur mampu mencetak gol lagi di laga ini dan membawa Timnas U-19 meraih kemenangan. "Saya sangat senang mampu membuka kran gol untuk kemenangan besar Indonesia. Timor Leste kita akui menyulitkan kami terutama di babak pertama. Selanjutnya kami fokus melawan Korea. Mohon doa dan dukungannya kepada warga Indonesia agar kami selalu bermain konsisten, fokus, dan maksimal," ungkap pemain yang sudah mencetak dua gol di ajang ini. 
 
Selain bersama Timor Leste dan Korea Selatan, Indonesia tergabung bersama Brunei Darussalam dan  Malaysia di grup ini. Bagi Indonesia, ajang kualifikasi Piala Asia U-19 ini sangat penting, selain untuk membuktikan diri secara kualitas pertandingan serta menguji kesiapan Timnas U-19 untuk bersaing menghadapi putaran final Piala Asia tahun depan dimana Indonesia menjadi tuan rumah. Indonesia sebagai tuan rumah, tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya. 
 
Jadwal pertandingan Indonesia selanjutnya kualifikasi Piala Asia U-19 yang seluruh pertandingan digelar di Paju Public Stadium.
 
Korea Selatan vs Indonesia
4 November, 13.00 WIB
 
Indonesia vs Malaysia
6 November, 10.00 WIB

Berita terkait