Hasil Maksimal Timnas Indonesia di SEA Games 2017

Kerja keras dan usaha maksimal para pemain Timnas Indonesia akhirnya berbuah manis dengan torehan medali perunggu di SEA Games 2017. Apresiasi besar untuk skuat Garuda Muda di laga ini karena tertinggal terlebih dahulu 0-1 dari Myanmar sebelum akhirnya membalikkan hasil menjadi 3-1 untuk Indonesia di laga yang berlangsung di Stadion Majlis Perbandaran Selayang, Selasa (29/8). 

Tiga gol kemenangan Garuda Muda dicetak melalui kaki Evan Dimas, Septian David Maulana dan Rezaldi Hehanusa sekaligus membuat Garuda Muda pulang dengan kepala tegak. Permainan Hansamu Yama dan kawan-kawan selama SEA Games 2017 sangat luar biasa dengan semangat pantang menyerah. 

Di turnamen ini Indonesia memulai pertandingan pertama melawan Thailand ditahan seri 1-1, lalu menghajar Filipina 3-0, menundukkan Timor Leste 1-0, menahan imbang Vietnam 0-0, dan mengalahkan Kamboja 2-0 untuk selanjutnya memastikan diri ke babak semifinal. Sayangnya di semifinal harus mengakui keunggulan tuan rumah Malaysia dengan skor tipis 1-0.

Dalam laga perebutan tempat ketiga kedua tim baik Indonesia dan Myanmar memulai pertandingan dengan tempo lambat. Menit kedua, Indonesia langsung menggebrak, tapi pertahanan Myanmar masih bisa mematahkan serangan Evan Dimas dan kawan-kawan.

Selama 20 menit sebenarnya Indonesia dapat menguasai bola, penguasaan bola timnas sebanyak 52 persen. Tetapi kesempatan menyerang selalu didapat oleh Myanmar. Gawang Indonesia harus bergetar di menit 22 melalui gol dari salah satu pemain Myanmar yang bernama Than Paing. 0-1 untuk keunggulan Myanmar.

Skor 1-0 untuk keunggulan Myanmar bertahan hingga turun minum. Pun begitu, Indonesia mendapatkan cukup banyak kesempatan menyerang ke gawang Myanmar.

Babak kedua dimulai dengan Indonesia langsung melakukan pergantian pemain. Marinus Wanewar yang mendapatkan kartu kuning sebelumnya di menit ke 42 karena tindakannya melempar bola ke pemain Myanmar keluar digantikan oleh Ezra Walian.

Ketinggalan gol tidak membuat serangan para pemain Garuda Muda surut. Justru mereka makin gencar menyerang. Pergantian pemain justru membuat permainan pasukan Luis Milla jadi semakin hidup. Terbukti, gol langsung tercipta di menit ke 56’ melalui tembakan dari Evan Dimas yang berbelok arah karena mengenai kaki pemain belakang Myanmar. 1-1 skor seri sementara untuk kedua tim.

Tiga menit berselang, kembali jala gawang Sann Sat Naing harus kembali bobol oleh sepakan dari Septian David Maulana di menit ke 59 yang melesat mulus kegawangnya. 2-1 untuk keunggulan Indonesia. Setelah gol itu, para pemain Garuda Muda semakin bernafsu untuk menambah gol lagi.

Indonesia semakin menguasai pertandingan, sepakan Febri pada menit ke 61, tembakan Rezaldi Hehanusa menit berikutnya, tandukan Osvaldo yang masih belum juga menemui sasaran. Baru pada menit ke 77, tendangan Rezaldi dari jarak jauh yang menuju ke sudut kanan kiper Myanmar tidak dapat dibendung kiper Sann Sat Naing. Skor 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Myanmar harus kehilangan satu pemainnya karena di kartu merahkan oleh wasit pada menit ke 90+5. Tetapi skor tidak berubah sampai wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Skor akhir 3-1 untuk keunggulan Indonesia.

Dengan hasil ini, maka dipastikan Indonesia meraih medali perunggu keempat (tahun 1981, 1989, 1999, dan 2017) selama ajang SEA Games berlangsung.

Susunan Pemain Kedua Tim

Indonesia 

Kiper: Satria Tama

Belakang: Andy Setyo, Hansamu Yama, Gavin Kwan, Ricky Fajrin

Tengah: Evan Dimas, Muhammad Hargianto, Septian David Maulana

Depan: Febri Hariyadi, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar

Cadangan: Kartika Ajie, Rezaldi Hehanusa, Putu Gede, Ryuji Utomo, Asnawi Mangkualam, Hanif Sjahbandi, Yabes Roni, Saddil Ramdani, Ezra Walian

Pelatih: Luis Milla


Myanmar

Kiper: Sann Sat Naing

Belakang: Nan Wai Min, Htike Htike Aung, Thiha Htet Aung, Hein Thiha Zaw

Tengah: Hlaing Bo Bo, Si Thu Aung, Mg Mg Lwin, Yan Naing Oo

Depan: Than Paing, Aung Thu

Cadangan: Phone Thitsar Min, Nanda Kyaw, Naing Lin Tun, Tluang Hup Thang, Ye Yint Tun, Maung Maung Soe, Shwe Ko, Aung Kaung Mann, Shine Thuya

Pelatih: Gerd Zeise