Babak Penyisihan Tuntas, Ini Tim Yang Lolos ke Delapan Besar

Enam tim yakni Bali, Banten, Jawa Barat (Jabar), Kalimantan Barat (Kalbar), Sumatera Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan diri lolos ke babak delapan besar Women Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017, Kamis (7/12). Sebelumnya dua tim yakni Papua dan Bangka Belitung juga sudah mengantongi tiket ke babak delapan besar.

Pada pertandingan terakhir penyisihan grup hari ini Bali yang berada di grup C mengandaskan perlawan Bengkulu dengan skor 2-0 di Stadion Atletik Jakabaring. Sedangkan Banten yang ada di Grup D bermain imbang 1-1 dengan Jawa Tengah. Jabar sendiri kokoh sebagai juara grup A dengan mengalahkan Kalbar 1-0. Dan tuan rumah Sumsel juga menjadi juara grup B usai membungkam DIY dengan skor 2-0.

Usai laga, pelatih Bali, Sandhika Pratama mengaku bersyukur timnya sanggup lolos ke babak delapan besar. Ia mengatakan bahwa torehan ini sangat membanggakan meski persiapan timnya mengikuti event ini tidak telalu lama.

"Bersyukur hari ini kami menang lawan Bengkulu dan lolos ke babak delapan besar. Apresiasi kepada pemain, hari ini bermain luar biasa, kerja keras dan disiplin," kata Sandhika.

Sedangkan pelatih Sumatera Selatan, Fery Irawan mengatakan bahwa di awal turnamen ia menekankan kepada pemain untuk tidak terbebani sebagai tuan rumah. Ia selalu menekankan untuk pemain harus berjuang maksimal di setiap laga.
"Akhirnya anak anak mampu membuktikan kita bisa lolos sebagai juara grup B. Lawan delapan besar kami adalah Kalimantan Barat, mereka tim bagus dan kita harus waspada," kata Fery.

Seperti diketahui, turnamen sepak bola wanita tertinggi di Indonesia ini sekaligus menjadi ajang tes event persiapan Indonesia menuju Asian Games 2018 dimana Palembang menjadi salah kota tuan rumah.

Pada tahun ini, format menggunakan sistem setengah kompetisi dimana 12 tim dibagi dalam dibagi dalam empat grup. Nantinya setiap juara dan runner up grup akan mewakili grup masing-masing di ajang delapan besar. Lalu pemenang babak delapan besar lolos ke semi final. Dan dua tim pemenang semi final akan lolos ke babak final yang akan digelar tanggal 13 Desember mendatang. Ajang ini memakai dua stadion yakni Stadion Bumi Sriwijaya dan Gelora Sriwijaya Jakabaring.

Lanjutan Jadwal lengkap Women’s Football Road To Asian Games Pertiwi Cup 2017

9 Desember: Babak 8 besar

Jawa Barat vs DI Yogyakarta pukul 08.00 WIB, Std. Bumi Sriwijaya

Sumatera Selatan vs Kalimantan Barat pukul 15.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya

Papua vs Banten pukul 08.00 WIB, Std. Jakabaring

Bangka Belitung vs Bali pukul 15.00 WIB, Std Jakabaring

 

11 Desember: Babak Semi Final

Semi Final Pertama pukul 15.00 WIB, Std Jakabaring

Semi Final Kedua pukul 15.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya

 

13 Desember: Babak Final

Perebutan Posisi Tiga, pukul 15.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya

Final, pukul 08.00 WIB, Std Bumi Sriwijaya