Laga Lawan Islandia Ikut Memperkuat Hubungan Diplomasi

Pertandingan persahabatan antara tim nasional Indonesia melawan Islandia mendapatkan perhatian besar dari konsulat kehormatan Islandia yang ada di Indonesia. Melalui surat khususnya Konsul Kehormatan Islandia di Indonesia Maxi Gunawan menyampaikan apresiasi kepada ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi atas terselenggaranya laga persahabatan ini.

Timnas Islandia sudah tiba di Indonesia pada hari Minggu dan saat ini sudah berada di Yogyakarta. Tim kontestan Piala Dunia 2018 ini rencananya akan menggelar dua laga, yakni melawan tim Indonesia Selection pada hari Kamis tanggal 11 Januari 2018 di Stadion Maguwoharjo melawan dan Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada hari Minggu (14/1).

Maxi Gunawan dalam suratnya menyatakan pertandingan persahabatan ini menjadi momentum dan kunci dalam mempererat hubungan diplomasi bilateral antara Islandia dan Indonesia. “Bagi tim sepak bola Islandia pertandingan persahabatan ini juga menjadi momentum yang sangat penting dalam persiapannya menghadapi Piala Dunia 2018 di Rusia,” tulis Maxi Gunawan.

Laga ini juga akan menjadi sejarah karena merupakan pertemuan pertama kalinya antara kedua negara tersebut dan juga pertama kali Stadion Gelora Bung Karno digunakan dalam suatu pertandingan sepak bola setelah usai mempercantik diri guna menyambut pertandingan ini dan Asian Games 2018 di bulan Agustus nanti.

“Oleh karena itu, kami atas nama perwakilan negara Islandia di Indonesia sangat menyambut baik pertandingan persahabatan tersebut yang akan diselenggarakan PSSI pada tanggal 11 Januari 2018 di Stadion Maguwoharjo, Sleman dan pada tanggal 14 Januari 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta,” tulisnya.

Menurut Maxi, walaupun terpaut dengan jarak yang sangat jauh antara Islandia dan Indonesia, tim nasional Islandia sangat antusias didalam mempersiapkan diri untuk berkunjung ke Indonesia serta memperkenalkan diri kepada masyarakat Indonesia. “Semoga dengan kegiatan ini, hubungan bilateral antara Islandia dan Indonesia dapat terus terjalin dengan baik.”

Saat berita ini diturunkan, pasukan Islandia yang dipimpin oleh pelatih Heimir Hallgrimsson sudah berada di Yogyakarta. Mereka pun sudah singgah ke candi Prambanan dan Keraton Yogyakarta. Berbagai pujian-pujian terhadap keindahan Indonesia pun terlontar dari mulut para pemain.

“Indonesia adalah negara yang sangat indah. Penduduknya sangat baik dan ramah. Suatu saat nanti saya akan datang ke Indonesia untuk berlibur,” tutur Mikael N. Anderson, gelandang Islandia.

“Ini pertama kali saya ke sini dan sangat senang bisa berkunjung di Indonesia. Penduduknya sangat ramah, itu bisa kami rasa saat pertama kali mendarat. Hanya saya harus adaptasi dengan keadaan di sini. Suhu temperatur di Indonesia sangat berbeda dengan yang sedang terjadi di negara kami. Pertama kami harus cukup istirahat untuk latihan. Dan kami akan berlatih dengan sebaik mungkin,” kata Frederik Schram, kiper Islandia.