Stadion GBK Makin Terang Benderang Dengan Lampu LED

Suasana di dalam Stadion Gelora Bung Karno yang menjadi ikon kebanggaan bangsa Indonesia kini kian terang benderang. Stadion terbesar, termegah dan terbaik di Indonesia ini mendapatkan tambahan dan pergantian lampu LED. Uji coba kembali dilakukan oleh pihak pengelola, Senin (8/1).

“Stadion ini betul-betul mengalami perubahan yang signifikan dari eksterior maupun interior. Termasuk lampu yang menjadi faktor pendukung saat pertandingan berlangsung,” kata Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK, Gatot Tetuko.

Pergantian dan penambahan lampu di lapangan stadion yang sebelumnya 1200 lux menjadi 3500 lux. “Kurang lebih ada sekitar 640 buah lampu berjenis LED (Light Emmitting Diode) yang dipasok oleh Panasonic menerangi stadion ini,” jelasnya lebih lanjut.

Stadion nan megah itu terlihat sangat terang dari luar maupun dalam. Seperti diketahui, stadion ini dipersiapkan untuk menggelar Asian Games 2018 bulan Agustus mendatang. Namun juga direncanakan menjadi tempat bertandingnya tim nasional Indonesia melawan Islandia tanggal 14 Januari 2018 sekaligus peresmian langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo.

“Harapannya adalah kami ingin penonton merasakan pengalaman yang luar biasa saat datang melihat pertandingan secara langsung disini sekaligus menjadi tuan rumah yang sukses dalam penyelenggaraan event Asian Games 2018,” jelas Gatot.

Fasilitas dan sarana Stadion GBK mengalami banyak perubahan. Di area penonton, kursi penonton kini tidak ada lagi kursi memanjang karena saat ini sudah dibuat single sitter. Dengan perubahan ini, kapasitas penonton kini hanya sekitar 76.000 tempat duduk. Sistem tiket juga sudah diperbaiki. Setiap penonton langsung di arahkan ke masing-masing sector berdasarkan kategori tiketnya yang areanya sudah ditentukan dari pintu masuk stadion.

Untuk area tim, Stadion GBK kini memiliki fasilitas empat ruang ganti. Masing-masing ruang ganti dilengkapi sarana ruang pelatih, ruang tunggu, kamar ganti pakaian pemain, kamar mandi dengan toilet, shower wastafel dan bak dengan pilihan air panas dan dingin, serta ruang pijat.

Sementara di area media, ruang jumpa pers disusun seperti bioskop dengan kursi yang empuk dan nyaman disusun bertingkat. Sementara media centre dilengkapi dengan ruang kerja yang luas dengan fasilitas tambahan satu ruang rapat utama dan ruang rapat tambahan serta beberapa ruangan yang bisa difungsikan untuk studio mini atau kantor sementara media. Para wartawan juga diberikan area khusus dengan meja dan kursi untuk bekerja di tribun yang letaknya bersebelahan dengan area VVIP dan VIP Barat.