Alfred Riedl Kembali Menjadi Pelatih Timnas Indonesia

PSSI resmi memilih Alfred Riedl sebagai pelatih Timnas Indonesia Senior untuk Piala AFF 2016 bulan November mendatang. Kepastian ini dilakukan PSSI dalam jumpa pers yang dipimpin Acting President PSSI, Hinca Pandjaitan di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Jumat (10/6) siang.

Sebelumnya dalam fit and proper test yang digelar Komite Teknik dan Pengembangan PSSI ada tiga pelatih yang hadir yakni Nilmaizar, Rahmad Darmawan, dan Indra Sjafri.

"Kami resmi menunjuk Alfred Riedl. Dalam keadaan mepet dalam persiapan menuju AFF Cup 2016 seperti sekarang, PSSI berharap dukungan dari semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat," kata Hinca.

"Sebelumnya kami sudah mendiskusikan ini dengan ketua umum dan internal untuk keputusan ini. Kami tetap yakin Timnas mampu meraih hasil terbaik di ajang tersebut," bebernya.

Pelatih asal Rusia ini tak asing dengan Timnas Indonesia, sebelumnya pada 2010 dia membawa Timnas meraih gelar runner-up dan pada 2014 gagal membawa tim Merah Putih lolos dari fase grup.

Sementara itu, Riedl mengucapkan terima kasih kepada PSSI karena kembali mempercayai dirinya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia. "Kondisi saat saat ini memang sulit, tetapi itu tantangannya. Keadaan ini mengingatkan saya di tahun sebelumnya. Ini semua harus saya hadapi dan saya yakin bisa menghadapinya," kata Riedl.

Riedl sendiri ingin Timnas Indonesia melaju hingga laga final di AFF 2016. "Saya selalu menargetkan tim yang saya asuh untuk mencapai partai final. Maka dari itu saya meminta semua pihak mendukung saya, pemain, dan semua masyarakat yang ada di Indonesia tentunya," katanya.

"Kalau soal staff kepelatihan saya sebenarnya ingin seperti 2014. Saya juga sudah mengontak mereka. Namun, Widodo C, Putro saat ini tengah sibuk bersama Sriwijaya FC, Pelatih Kiper Edi Harto dan Wolfgang masih menunggu jawaban," tambah mantan pelatih Vietnam ini.