Arema FC Juara Piala Presiden 2024

Arema FC sukses meraih juara Piala Presiden 2024. Kepastian ini seusai Singo Edan julukan Arema FC mengalahkan Borneo FC lewat adu penalti dengan skor 4-3 (1-1) pada final yang berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Minggu (4/8).

Dengan ini, Arema FC menjadi tim tersukses di Piala Presiden. Arema FC juara untuk keempat kalinya setelah sebelumnya meraih juara pada tahun 2017, 2019, 2022.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengucapkan selamat kepada Arema FC yang sukses meraih juara Piala Presiden 2024. Erick pun hadir dan menyerahkan trophi juara secara langsung di laga final tersebut. 

"Sebuah kehormatan mewakili Presiden Joko Widodo untuk memberikan trofi Piala Presiden 2024. Selamat untuk Arema FC yang berhasil meraih juara Piala Presiden 2024," kata Erick Thohir. 

"Terimakasih untuk seluruh pemain dan suporter yang sudah berpartisipasi di ajang ini. Alhamdulillah Piala Presiden 2024 berjalan lancar dan aman karena seluruh pemain dan suporter menjungjung tinggi sportivitas. Terimakasih juga untuk para panitia yang bekerja keras selama penyelenggaraan Piala Presiden 2024," tambah Erick. 

Pada awal laga kedua tim langsung bermain terbuka dan saling serang.  Namun, skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir. 

Pada babak kedua, Arema langsung tampil menekan. Hasilnya, mereka mencetak gol cepat pada menit 49.

Gol dicetak oleh William Marcilio. Pemain anyar Arema FC itu melepas tembakan keras dari luar kotak yang gagal dijangkau Borneo FC.

Namun, Borneo FC mampu menyamakan kedudukan lewat gol Leonardo Gaucho di menit 62. Skor berubah menjadi 1-1.

Jelang laga berakhir, kapten Borneo FC, Stefano Lilipaly, mendapat kartu merah. Namun, skor 1-1 ternyata bertahan sampai babak kedua berakhir sehingga pemenang harus ditentukan melalui adu penalti. 

Lima algojo penalti Arema -yang semuanya pemain asing- yakni Charles Lokolingoy, Wiliam Marcilio, Julian Guevara, Dalberto Luan, dan Lucas Frigeri berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu, dari lima eksekutor tendangan 12 pas Borneo FC, hanya empat yang berhasil, yakni Berguinho, Christophe Nduwarugira, Habibi Jusuf, dan Leo Gaucho. Sedangkan, sepakan dari Ronaldo Rodrigues berhasil dimentahkan kiper Arema FC, Lucas Frigeri.