Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Tak Patok Kemenangan

Timnas Indonesia akan menantang Vietnam dalam laga ujicoba internasional di Stadion Nasional My Dinh, Selasa (8/11) malam. Sebelumnya pada Minggu (9/10) lalu kedua tim bermain imbang 2-2 dalam laga ujicoba di Stadio Maguwoharjo, Sleman. 

Ujicoba ini bagian dari persiapan kedua tim menuju Piala AFF 2016 mendatang. Boas Salossa dkk juga baru saja bermain imbang 0-0 dengan Myanmar di Yangon, Jumat (4/11) lalu.

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl mengatakan tim Vietnam adalah salah satu favorit untuk menjuarai Piala AFF tahun ini. Bersama Thailand, Riedl menilai mereka tim yang kuat dan menjadi favorit untuk juara. 

"Saya tidak tahu apa yang terjadi selama 10 tahun terakhir di Vietnam, karena dalam sepak bola semua berjalan cepat. Apa yang saya lihat dari Vietnam adalah para pemain yang memiliki kebugaran tubuh bagus, tubuh yang kuat, dan pemain bagus dengan teknik yang juga bagus," kata Riedl saat jumpa wartawan, Senin (7/11).

Bagi pelatih asal Austria ini sulit jika harus membandingkan pemain Vietnam saat ini dengan tahun 2006 lalu, karena ini sepak bola yang berbeda. Apa yang bisa ia lihat adalah Vietnam selalu menciptakan pemain yang berbakat.

"Indonesia kembali setelah satu setengah tahun suspensi FIFA dan sudah mempersiapkan tim ini selama empat bulan. Tapi saya tidak bisa berbuat banyak karena hanya bisa memilih dua pemain dari tiap klub, tidak bisa tiga. Terdapat kesepakatan dengan klub tentang dua pemain itu dan saya tidak bisa memilih beberapa pemain yang punya kualitas bagus di klub yang lebih baik karena maksimal dua pemain. Ada beberapa pemain yang ingin saya masukkan ke dalam tim tapi tidak bisa," tambah Riedl.

Riedl membeberkan bahwa ia membawa kekuatan terbaik ke Vietnam, karena ini merupakan kesempatan terakhir dalam rangka persiapan menuju Piala AFF. Terakhir kali ia datang ke sini bersama skuat Piala AFF tahun 2014. Saat itu Vietnam masih ditangani pelatih asal Jepang [Toshiya Miura].

"Tentu saja hasil akhir bukan yang saya cari. Kami bekerja keras untuk mempersiapkan tim menghadapi Piala AFF. Tapi saya tetap berharap Indonesia bisa memperlihatkan permainan bagus, dan mencetak banyak gol. Itu tidak mudah, karena saya tahu Vietnam tim bagus. Untuk saat ini, Myanmar tidak setangguh Vietnam. Sejujurnya, Vietnam dan Indonesia merupakan tim kuat," tukas Riedl. 

Sedangkan striker Timnas Indonesia, Ferdinand Sinaga mengatakan bahwa Timnas Vietnam sangat kuat dan cepat. "Mereka sangat kuat dan cepat. Saat ujicba di Sleman lalu mereka sangat rapi dan bagus dalam kerjasama tim. Namun kami sudah siap melawan Vietnam dan persiapan kami berjalan baik," kata Ferdinand.

"Kami berharap hasil terbaik di laga ujicoba nanti. Ini bisa menjadi modal kami untuk meraih hasil terbaik di Piala AFF nanti. Sekali lagi mohon doa dan dukungannya kepada Timnas Indonesia," harap Ferdinand.