Pelajaran Berharga Bagi Timnas Futsal di Piala AFF 2016

Timnas Futsal Indonesia melibas Laos dengan skor telak 19-1 dalam laga terakhir Grup B Piala AFF Futsal 2016 di Stadion Indoor Huamark, Bangkok, Rabu (25/1) sore. 

Namun kemenangan ini gagal membuat Bambang Bayu Saptaji dkk lolos ke semifinal karena di dua laga sebelumnya mengalami kekalahan. Skuat asuhan Andri Irawan itu sebelumnya kalah dari Malaysia dengan skor 6-5 dan Myanmar 6-3.

Salah satu pemain Timnas Futsal Indonesia, Bambang Bayu Saptaji mengatakan bahwa bahwa pertandingan tadi seluruh skuat Timnas Futsal benar-benar melampiaskan kekalahan di dua laga. "Senang juga mampu menang besar di laga terakhir, namun kecewa kita gagal lolos. Semoga kami lebih baik lagi di event-event selanjutnya," kata Bambang Bayu usai laga. 

"Selama AFF ini kita mendapat pelajaran bahwa kemampuan kita harus lebih diasah lagi. Kami juga harus lebih bekerja keras lagi karena sekarang persaingan dan tim-tim dari negara Asia Tenggara sudah mempunyai kualitas yang merata," bebernya. 

Sedangkan Technical Advisor Timnas Futsal Indonesia, Efraim Ferdinand mengaku evaluasi untuk Timnas Futsal selama AFF 2016 ini adalah pertahanan dan determinasi pemain. "Tim baik dalam menyerang namun kurang dalam pertahanan dan determinasi. Namun kami sudah maksimal, dan kami minta maaf atas kegagalan ini," kata Efraim. 

Sementara itu, di pertandingan lainnya Myanmar memastikan diri menjadi juara grup B. Itu setelah mereka menaklukkan Malaysia dengan skor 5-3. Dengan demikian, Myanmar bakal menghadapi runner-up grup A yang kemungkinan dihuni Timor Leste pada babak semi-final.

Sedangkan Malaysia kemungkinan besar akan melawan Thailand yang difavoritkan menjadi juara grup A. Babak semi-final bakal digelar pada 27 Januari nanti.