Pelajaran Berharga Untuk Timnas U-19

Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 0-3 dalam laga ketiga kedua tim di penyisihan grup B, Piala AFF U-18 2017 di Stadion Thuwunna, Bangkok, Kamis (11/9) sore. 

Ini merupakan kekalahan perdana Garuda Nusantara julukan Timnas U-19 di ajang Piala AFF U-18, sebelumnya Rachmat Irianto dkk menang 2-1 atas tuan rumah Myanmar dan memang 9-0 atas Filipina. Kekalahan ini pun menjadi cambuk pembelajaran bagi Timnas U-19 agar selalu waspada kepada seluruh tim lawan serta janga mudah terlena dan jumawa. 

Timnas U-19 langsung menekan sejak menit awal pertandingan dimulai. Sejumlah peluang mereka ciptakan dengan dimotori Egy Maulana Vikri serta Muhammad Iqbal ke jantung pertahanan. Vietnam bermain dengan tempo yang lambat. Mereka lebih banyak menunggu datangnya bola kemudian melancarkan serang cepat lewat sisi sayap.

Pada menit 37, Timnas U-19 harus menarik keluar kiper andalan Muhammad Riyandi. Pemain asal klub Barito Putera tersebut tak bisa melanjutkan laga karena mengalami cedera. Posisi yang ditinggalkan Riyandi diisi oleh Muhammad Aqil Savik. Namun, Savik harus rela gawangnya dijebol pada menit 41. Adalah Le Van Nam yang membuka keunggulan Vietnam.

Tertinggal satu gol membuat Timnas U-19 terus menggempur pertahanan Vietnam. Akan tetapi, malah Vietnam yang kembali cetak gol. Lagi-lagi Van Nam yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit 45. Keunggulan 2-0 buat Vietnam bertahan hingga turun minum. 

Pada babak kedua, pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri berusaha membuat skuatnya lebih tampil menekan. Jumlah gelandang Garuda Nusantara ditambah dengan masuknya Witan Sulaeman untuk menggantikan Hanis Saghara Putra, dan mendorong Egy Maulaana sebagai striker.

Tak hanya itu, Indra Sjafri berusaha menyegarkan lini pertahanannya dengan memasukkan Samuel Christianson Simanjuntak untuk menggantikan Firza Andika. Tim Garuda Nusantara pun tampil lebih menekan dengan variasi serangan yang lebih baik tapi tetap tak membuahkan hasil.

Justru pada menit ke-86 Vietnam kembali menambah pundi-pundi golnya. Bek Vietnam, Bul Hoang Viet Anh, berhasil menjebol gawang Aqil Savik dengan tandukan keras. Memanfaatkan umpan silang dari sepak pojok, pemain muda Vietnam itu dengan mudah dan tanpa kawalan menanduk bola yang meluncur deras ke sudut kiri gawang Timnas Indonesia U-19. Skor pun menjadi 0-3 untuk Vietnam dan menjadi hasil akhir laga ini. 

Pada laga selanjutnya Timnas U-19 akan melawan Brunei Darussalam di laga pamungkas grup B yang berlangsung di Stadion Thuwunna, Yangon. Timnas U-19 pun wajib memenangi laga ini bila asa ke babak semifinal dapat terjaga.