Ranking FIFA Indonesia Melesat Empat Tingkat

Ranking FIFA Timnas Indonesia kembali mengalami kenaikan. Kali ini, Indonesia berada di peringkat ke-129 pada bulan September ini.

Kepastian ini seusai FIFA resmi merilis update ranking negara-negara anggotanya pada Kamis (19/9). Sebelumnya Indonesia berada di peringkat ke-133 pada Juli lalu.

Melesatnya peringkat Indonesia karena hasil dua kali imbang melawan Arab Saudi 1-1 dan Australia 0-0 pada laga ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dengan tambahan 15,44 poin, Indonesia naik empat peringkat dari 133 ke 129. Skuad Garuda kini mengumpulkan 1124,17 poin.

"Dua hasil imbang melawan negara langganan Piala Dunia, Arab Saudi dan Australia membuat peringkat Indonesia di ranking FIFA naik. Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk membawa Garuda terbang tinggi. Belum cukup, karena mimpi kami bisa membawa Garuda menembus 100 besar dunia, " kata Ketum PSSI, Erick Thohir.

Untuk level Asia Tenggara, Thailand masih berada di peringkat ke-100. Di bawahnya ada Vietnam di ranking 116, lalu Indonesia, serta Malaysia di ranking 132.

Kesempatan Indonesia untuk terus memperbaiki posisi di peringkat FIFA kembali terbuka pada Oktober mendatang. Indonesia akan melakoni laga lanjutan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ke Bahrain (10 Oktober) dan China (15 Oktober).