Timnas U-19 Dapat Pelajaran Berharga dari Rep Ceko

Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan Republik Ceko dengan skor 0-2 dalam laga kedua Toulon Turnament 2017 di Stade Parsemain, Fos-sur-Mer, Sabtu (3/6).

Dengan kekalahan tersebut Timnas U-19, dipastikan tersingkir dari ajang ini. Sebab, penyelenggara hanya mengambil pemuncak klasemen dan satu runner-up terbaik yang berhak berlaga di semi-final.

Di awal laga Ceko memang lebih banyak menekan pertahanan Timnas U-19. Beberapa kali kiper M. Riyandi dipaksa bekerja keras menyelamatkan gawangnya dari kebobolan pada awal laga.

Memasuki menit ke-13, gawang Riyandi akhirnya jebol juga. Adalah Roman Kasiar yang membuka skor untuk Ceko usai bola tembakannya sukses menaklukkan gawang Riyandi.

Lima menit jelang babak pertama usai, Timnas U-19 sempat memperoleh peluang emas. Sialnya, bola tembakan Hanis Saghara masih bisa diamankan kiper Ceko. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Ceko.

Di babak kedua,  Timnas U-19 mencoba bangkit. Namun Ceko sempat mendapatkan hadiah penalti, karena Firza Andika melakukan pelanggaran di area terlarang. Beruntung, Riyandi mampu membaca bola sepakkan dari Matej Chalus.

Timnas U-19, sempat mendapatkan peluang lewat Egy Maulana Fikri pada menit ke-67. Sepakan kerasnya mampu dihalau Jan Plachy.

Jelang tujuh menit akhir bubaran, Ceko kembali menjebol gawang Timnas U-19. Ondrej Sasinka melakukan tembakan terukurnya yang membuat skor menjadi 2-0 dan menjadi skor akhir laga ini. 

Torehan ini membuat Timnas U-19 berada di posisi empat klasemen grup C dengan raihan nol poin. Setelah sebelumnya, mereka takluk 1-0 dari Brasil U-20 pada pertandingan pembuka.